Friday, July 13, 2018




Lima mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuat detektor alat mesin welding kapal untuk membantu mengetahui kapan mesin perlu dilakukan service agar mesin welding kapal tidak rusak. Penelitian yang masuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T) itu, membantu menyelesaikan permasalahan mitra yakni P.T Orela Shipyard. Selama ini P.T. Orela Shipyard masih menggunakan welding manual dan tidak mengetahui kapan harus diservice sehingga terjadi kerusakan yang mendadak dan dapat merugikan perusahaan dalam jumlah yang besar.
Sahrul Dwiki Darmawan sebagai ketua dan bersama keempat rekannya yakni Sinta Dewi Purwaningsih, Riska Maulani, Nico Kurniawan Dwi Meiantono, dan Wasyiul Kurnia Prasetyo Wibowo membuat inovasi untuk menyelesaikan permasalahan P.T. Orela Shipyard dengan didampingi oleh Dr.Riris Rulaningtyas, S.T, M.T. P.T Orela Shipyard merupakan industri perkapalan yang melayani perbaikan kapal, pembuatan kapal, dan penyewaan kapal. Selama ini dalam proyek pembuatan kapal kurang optimal pada bagian pengelasan (welding) kapal yang masih dilakukan dengan manual. Kelemahannya yakni tidak diketahui lama waktu pengelasan yang dapat menyebabkan perusahaan tidak bisa memperkirakan lama pengerjaan kapal.
Inovasi berupa Running Hours Smart Detector merupakan ide yang diciptakan agar menyelesaikan permasalahan ini. Prinsip kerja alat ini yakni memanfaatkan aliran arus pada mesin welding kapal ketika menyala sebagai sumber tegangan. Sebuah sensor akan diatur sedemikian rupa sehingga berfungsi untuk mendeteksi aliran arus pada mesin welding. Mekanisme yang juga akan bekerja yakni alat akan mencatat lama bekerjanya mesin welding berdasarkan arus yang dikeluarkan selama bekerja sehingga saat mendekati masa lelah atau maintenance. Penggunaan alat dapat diberhentikan dan segera dilakukan proses service agar memulihkan kinerja mesin. Alat ini akan dipasangkan wireless yang nantinya langsung terhubung ke jaringan server sehingga bisa dilakukan pengecekan langsung.
Terciptanya detektor alat mesin welding berupa “Running Hours Smart Detector” akan menyelesaikan permasalahan mitra dan memberi keuntungan berupa mengetahui besar konsumsi daya listrik dan mencegah atau menghindari adanya kerusakan pada peralatan welding. Artinya akan dapat menstabilkan anggaran dana dan biaya konsumsi daya listrik serta mesin welding kapal dapat bertahan lama.

0 comments:

Post a Comment

Profil Sinar Gamedia

Popular Posts

Statistik Pengunjung