Tuesday, November 1, 2016




Ilmu Business Process Re-engineering keilmuan yang penting bagi para pelaku bisnis dan organisasi karena proses bisnis adalah urat nadi dari bisnis itu sendiri. Rampingnya proses bisnis dan berhasilnya membuat proses bisnis yang mampu mengefisienkan, mengefektifkan dan memberi nilai tambah akan menyebabkan perusahaan dan organisasi menjadi lebih kompetitif. Akan tetapi mengelola proses bisnis tidaklah mudah. Buku ini berupaya menyajikan beberapa konsep, model, dan metode yang ada dalam keilmuan BPR.
Ada tujuh (7) bab sebagai bahasan utama yang dielaborasi. Pertama, menjawab mengapa ilmu BPR dibutuhkan dan manfaat apa yang diperoleh bagi perusahaan yang mengimplementasi-kannya.. Kedua, menguraikan keterkaitan strategi dengan proses bisnis didiskripsikan. Ketiga, tidak mudah menguraikan proses bisnis yang ada diperusahaan dengan lengkap dan sesuai dengan “nature” dari bisnisnya. Model proses bisnis generik akan membantu para top manajemen menjabarkan proses bisnisnya dengan baik. Keempat, konsep dan beberapa teknik yang digunakan untuk memodelkan proses bisnis diuraikan di bab 4. Kelima, upaya menganalisa aliran proses adalah ilmu dasar dari keilmuan BPR seperti analisa waktu, analisa flow rate dan kapasitas, dan analisa persediaan diuraikan di bab 5. Keenam, untuk menganalisa proses bisnis yang kompleks, beberapa metode analisa proses yang bersifat kualitatif dan kuantitatif diuraikan pada bab 6 Ketujuh, isu re-inventing proses bisnis adalah isu yang mengemuka akhir-akhir ini sehingga pada bab 7 diuraikan konsep dasar dari Process Mining dan berikut analisa yang dapat dilakukan.


Penulis adalah professor di bidang Business process Re-engineering pada jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bidang minat dari penulis selain Business Process Re-engineering adalah Logistics and Supply Chain management, ERP dan Operation Management. 
Penulis telah berhasil mempublikasikan paper ilmiahnya pada jurnal internasional seperti Internaitonal Journal of Information Systems and Supply Chain Management (IJISSCM), Meiji Business Review, dan Supply Chain Forum: International Journal. Beberapa paper ilmiah juga telah dipresentasikan di seminar internasional seperti International Conference of Operations and Supply Chain Management (OSCM), 2005, 2007, 2015, Asia Pacific Industrial Engineering and Management Society (APIEMS), 2008, 2014 dan seminar international lainnya.
Selain itu, penulis juga memberikan pelatihan dan konsultasi di beberapa perusahaan seperti PT Barata Indonesia, PT Garuda Indonesia, PT Badak, PT Petrokimia Gresik, PT Yamaha Indonesia Manufacturing, PT Pelindo 2, PT PJB, PT IPMOMI dan lainnya.



Ingin Meneritkan Buku di CV. Sinar Gamedia?
Yuk ikuti prosedurnya klik di sini


More Info:
Mobile : 087809117417
Instagram : sinar_gamedia
Facebook : Penerbit Sinar Gamedia

0 comments:

Post a Comment

Profil Sinar Gamedia

Popular Posts

Statistik Pengunjung