Tuesday, May 31, 2016





Siti Fariya, ST., MT (Dosen Muda)



Februari 2009
Hari ini kelas sangat ramai, sebagian besar teman-temanku berdiskusi tentang rencana mereka untuk lanjut ke perguruan tinggi impian. Aku hanya terdiam di sudut ruangan, aku bahkan tidak tahu bisa kuliah atau tidak, alasan klasik..biaya. Bagaimana tidak, mendekati kenaikan kelas XII lalu, Allah memberikan ujian kepada keluargaku. Perusahaan tempat bapak bekerja melakukan PHK besar-besaran. Bapak, lelaki bersahaja nan pendiam yang menjadi satu-satunya penopang keluarga kami di PHK. Lantas uang darimana, jangankan berpikir untuk kuliah..uang makan sehari-hari dan biaya hidup kami sekeluarga saat ini hanya mengandalkan tabungan yang semakin hari semakin menipis. Siapa yang harus disalahkan? Tidak ada.
Jauh di lubuk hatiku yang terdalam, sungguh aku ingin kuliah! Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah kampus impianku sejak aku kelas X, pertama kali aku injakkan kaki disana ketika mengikuti olimpiade tingkat SMA, aku bahkan sudah memiliki gambaran jurusan yang aku minati. Teknik Perkapalan. Kenapa perkapalan? Sebenarnya ini dimulai dari rasa penasaranku, apa yang membuat kapal baja dengan berat ribuan ton tidak tenggelam, sementara uang logam ketika kita lempar ke dalam air langsung tenggelam. Selain itu, aku terinspirasi oleh tokoh idolaku, Prof. BJ. Habibie, insinyur sekaligus peneliti yang pernah menjadi presiden Indonesia, dalam bukunya beliau pernah berkata bahwasanya Negara ini akan maju jika punya pesawat dan kapal. Itulah alasanku ingin masuk di jurusan Teknik Perkapalan. Ingin menciptakan karya dan penemuan baru di dunia perkapalan. Namun lamunan itu sirna, ketika permasalahan biaya kembali menghantuiku. Bagaimanapun juga, aku harus tetap bersyukur karena kedua orang tuaku sangat mendukungku untuk kuliah.

“Kuliah saja dek, nanti masalah uang bisa Bapak carikan..kita bisa pinjam dulu,” Bapak selalu totalitas jika menyangkut masalah pendidikan
“Iya, yang penting bisa masuk kuliah dulu. Nanti juga bisa cari-cari beasiswa,” Ibu menimpali
Beasiswa? Kenapa baru terpikir..
“Sebenarnya Fariya ingin kuliah, tetapitidak ingin merepotkan ibu dan bapak, dengan kondisi seperti ini..kalaupun pinjam, bagaimana cara kita mengembalikannya? Bagaimana nanti biaya hidup perbulannya..belum lagi SPP dan lain-lain,” Ujarku dengan nada putus asa
“Semuanya bisa diusahakan..wong kita punya Gusti Allah,” Ibuku menjawab trenyuh
Dalam hati aku menangis.. Ya Allah, ampuni hamba yang sempat meragukan-Mu..Engkau yang Maha Mencukupkan..tidak seharusnya aku ragu.
“Baiklah bu, pak. Saya minta doa restu.. Mulai detik ini saya akan berjuang mengejar cita-cita untuk kuliah. Saya tidak minta apa-apa, Insyaallah akan mencoba mencari beasiswa,” ujarku memecah keheningan. Kulihat ibu yang tak kuasa menahan tangis, beliau kemudian memelukku.
“Insyaallah nak, ibu dan bapak ridho,” ucap beliau.
Bapak menggangguk mengiyakan ibu, beliau mencoba menguatkan diri.

Segera aku mencari tahu lebih banyak tentang Teknik Perkapalan, informasi banyak aku dapatkan melalui internet dan website ITS. Setelah sholat istikharah, keyakinanku semakin mantab. Bismillah, Teknik Perkapalan ITS menjadi pilihanku. Aku mendaftar melalui jalur PMDK
Langkah selanjutnya adalah mencari beasiswa, yah..seperti plannku diawal, aku harus bisa kuliah tanpa merepotkan kedua orang tuaku. Bersama seorang sahabatku yang mempunyai latar belakang ekonomi sama denganku, nurul. Kami berjuang untuk mendapatkan beasiswa, nurul memilih IPB sebagai kampus impiannya. Hampir setiap siang kami rajin ke perpustakaan selain untuk persiapan UNAS, juga menggunakan internet gratis disana untuk mencari informasi Beasiswa.
Sampai pada suatu pagi..
“Faaar, aku ada info tentang beasiswa ETOS!,” nurul setengah berteriak kepadaku
“ETOS? Aku baru mendengarnya, dimana kita bisa lihat info lengkapnya?, ujarku menggebu




Ingin membaca kisah Siti Fariya secara lengkap??
Penasaran dengan kisah tokoh Inspiratif lainnya??
Gampang, tinggal Baca Buku di bawah in: 
Ayoo Pesan Buku Edisi Kedua "5 Hidayah Merajut Perguruan Tinggi"
Hanya Rp. 50.000,- lebih murah dari harga Edisi pertama.

Segera pesan melalui SMS/WA/LINE (087809117417)
Format pemesanan : 5H_Nama lengkap_alamat lengkap_no.hp_Jumlah pesanan

0 comments:

Post a Comment

Profil Sinar Gamedia

Popular Posts

Statistik Pengunjung